Cara Membuat CV ATS-Friendly Agar Dilirik HR

55 | 02 November 2021 19:06 | Pengembangan Karier | Ditulis oleh Bagus Adi Saputro



Riset dari Capterra menunjukkan kalau 75% HR menggunakan software ATS untuk menyeleksi para pencari kerja. Ini digunakan untuk mengoptimalkan proses seleksi yang memiliki ribuan pendaftar. Dengan adanya sistem Applicant Tracking System (ATS) ini akan memudahkan recruiter untuk memilih kandidat yang tepat.

 

Bagaimana cara kerja ATS?

Software ATS akan memproses semua CV yang masuk lalu akan melihat kesesuaian pengalaman dan skills dengan kebutuhan perusahaan. Setelah itu ia akan memberikan score dan rank pada setiap CV pelamar. Serta memberi tahu kandidat mana yang sesuai kriteria dan mengugurkan yang tidak sesuai.

 

Langkah membuat CV ATS-Friendly

1.       Pahami Posisi yang ingin dilamar

Sebelum membuat CV, sebaiknya kamu memahami posisi yang ingin dilamar dengan baik. Lalu, lihat skillset dan persyaratan seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin kamu lamar.

 

2.       Optimalkan Penggunaan Keyword yang Tepat

Setelah melakukan riset pada posisi dan perusahaan yang ingin kamu lamar. Pelajari dan tulis skills yang dibutuhkan oleh recruiter, misalnya lowongan Data Scientist memerlukan skills data mining dan machine learning.

 

3.       Gunakan Template yang Sederhana

Pilih template CV yang berwarna polos. Hindari menggunakan template CV yang penuh dengan gambar atau element yang mencolok. Hal ini akan menyebabkan CV kamu tidak terbaca oleh sistem. Kamu dapat menggunakan template CV dari Microsoft word yang sudah terintegrasi dengan linkedin.

 

4.       Pakai Font yang Formal

Pemakaian font juga perlu diperhatikan dalam menulis CV. Kamu dapat menggunakan jenis font seperti: Arial, Helvetica, Times New Roman, dan Calibri.

 

5.       Sisipkan Bullet atau Numbering alam Mendeskripsikan Pengalaman

Agar lebih optimal dan terbaca oleh sistem. Deskripsikan pengalaman kerja atau organisasi yang kamu pernah lakukan. Lalu, tulis apa dampak dari kinerjamu dengan bullet agar lebih rapih dan terbaca oleh ATS.



Bagikan
Cari Artikel
Top 5 Kategori
Artikel Terfavorit