Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Product Manager dan Project Manager

18 | 29 December 2021 09:54 | Pengembangan Karier | Ditulis oleh Bagus Adi Saputro

Dalam dunia kerja, kamu mungkin pernah mendengar profesi Product Manager dan Project Manager. Kedua profesi ini mempunyai peranan yang penting di perusahaan-perusahaan IT. Ada yang menganggap Product Manager dan Project Manager adalah profesi yang sama, padahal meski keduanya punya titik kesamaan pada level manajerial. Pada dasarnya keduanya itu berbeda. Yuk, mari simak perbedaan keduanya dalam artikel ini!

apa itu product manager

Pengertian Product Manager

Product Manager adalah profesi yang bertanggungjawab untuk mengurus pengembangan produk, mulai dari perencanaan, roadmap, pengembangan, peforma, hingga evaluasi suatu produk. Produk yang dibuat oleh product manager bisa berupa sistem dalam aplikasi atau website. 


Selain itu, product manager juga memperhitungkan bagaimana laba dan rugi dari produk yang dihasilkannya. 

Secara garis besar, tugas dari product manager, yaitu:

1. melakukan riset produk

2. mengawasi dan mengarahkan pengembangan

3. menetapkan visi dan mengatur roadmap dari produk yang ingin dibuat

4. melakukan kolaborasi dengan tim sales dan marketing

5. mengidentifikasi masalah produk dan mencari solusinya


Agar dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, product manager itu harus memiliki skills-skills yang mumpuni. Apa saja skills yang dibutuhkan oleh seorang product manager?


Skills yang dibutuhkan Product Manager

1. Komunikasi

Karena seorang product manager merupakan posisi yang sering berkoordinasi dengan banyak orang, maka skill komunikasi itu sangat penting. Mulai dari presentasi, negosiasi, komunikasi bisnis, dan komunikasi efektif.


2. Kepemimpinan

Skills ini sangatlah vital karena seorang product manager akan memimpin peluncuran suatu produk. Kemahiran untuk memotivasi, mengkoordinasi, dan membimbing rekan kerja maupun bawahannya akan membawa keberhasilan produk yang baik.


3. Bisnis

Dalam mengembangkan bisnis perusahaan melalui pengembangan produk, seorang product manager itu perlu handal dalam mengembangkan product secara efektif dan efisien. Salah satu contohnya ialah MVP (Minimum Viable Product) di mana strategi ini biasanya digunakan oleh startup untuk merilis produk pertama dengan fitur-fitur dasar. Ini nantinya akan mengumpulkan respons kepuasan konsumen untuk meningkatkan layanan produk.


Rekomendasi tools untuk Product Manager:

1. Amplitude

2. Google Analytics

3. Hotjar

4. Balsamiq

5. Trello



Lalu bagaimana dengan Project Manager? Pertama-tama mari lihat dari pengertian Project Manager

apa itu project manager

Pengertian Project Manager

Project Manager adalah profesi yang bertanggungjawab untuk memimpin proyek dari awal sampai akhir. Mereka juga yang mengatur mengenai berapa anggaran yang diperlukan dan kapan waktu pelaksanaan proyek berlangsung. 


Tugas dari project manager, yaitu:

1. Mengalokasikan sumber daya proyek

2. Mengawasi kinerja tim  dalam suatu proyek

3. Menentukan ruang lingkup, tujuan, dan hasil proyek

4. Mengatur waktu project agar dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan

5. Mengatur anggaran biaya proyek secara keseluruhan

Lalu apa saja skills yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Project Manager?


1. Problem-solving

Seorang Project Manager harus bisa mengumpulkan informasi yang dibutuhkan agar dapat memaksimalkan keberhasilan proyek. Juga menemukan formulasi terbaik untuk mendapatkan solusi dari permasalahan


2. Budgeting

Mengatur anggaran keuangan yang baik juga menjadi kunci utama dari sebuah proyek. Karenanya seorang Project Manager harus dapat memiliki skill mengatur anggaran keuangan secara ketat dan tepat sasaran.


3. Manajemen Risiko

Setiap proyek itu tentunya memiliki risikonya masing-masing. Oleh karena itu, untuk meminimalisasi kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Seorang Project Manager perlu memikirkan antisipasi dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menghadapi masalah pada suatu proyek.


Rekomendasi tools untuk Project Manager:

1. JIRA 

2. SmartDraw 

3. GitHub 

4. Microsoft Project 

5. Mavenlink


Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga kamu sekarang dapat membedakan keduanya ya. Bagaimana apa kamu tertarik untuk menjadi Product Manager atau Project Manager?


Bagikan
Cari Artikel
Top 5 Kategori
Artikel Terfavorit