Cara Meningkatkan Traffic Website

154 | 27 January 2021 15:42 | Website Development | Ditulis oleh Arif Zulfikar Pelian

Ada ribuan cara kreatif untuk meningkatkan trafik pada website kamu mulai dari mengisi konten website dengan gambar-gambar yang menarik sampai mengembangkan user-experience yang baik dan elegan. Namun sebenernya kamu gak perlu ngeluarin duid banyak untuk ningkatin trafik website kamu, coba deh lakuin beberapa hal simpel dibawah ini:

Buatlah Artikel dan Post Menarik Mengenai Bisnis Yang Kamu Jalankan

Beritahu dunia bahwa kamu bukan hanya orang terbaik dalam bisnis yang kamu jalankan, namun kamu juga adalah orang yang siap berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan mereka. Buatlah artikel menarik tentang perjalanan bisnis kamu, sharing pengalaman selama menghandel proyek yang kamu jalankan, sampai bagaimana melakukan hal-hal teknis yang sederhana. Berbagilah dengan dunia dengan menulis apa yang pernah kamu lakukan karna kamu merupakan bagian dari dunia yang tak terpisahkan, ini menunjukan bahwa kamu adalah organisasi yang tidak hanya memikirkan perut kamu sendiri tapi peduli terhadap lingkungan sekitar. 

Membuat Social Media dan Post Konten Bermanfaat

Untuk pasar Indonesia khususnya, social media adalah senjata yang begitu penting untuk melakukan kampanye aktifitas bisnis kamu. Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna Facebook, Twitter, Path, dan Instagram? Manfaatkan keadaan ini untuk mengkampanyekan apa yang kamu jual di social media yang kamu gunakan. Buatlah Fan Page dari bisnis yang kamu jalankan lalu beritahu dunia bahwa kamu menjual produk/jasa yang tepat bagi kebutuhan customer kamu.

Desain yang Menarik dan Eye-Catching

Temen-temen sering yah denger istilah eye-cathcing? Yup, desain yang menarik dengan variasi warna yang enggak terlalu norak membantu kamu dalam membangun image perusahaan kamu. Desain website pun harus mengikuti visi bisnis perusahaan kamu mulai dari warna, font, dsb seharusnya disesuaikan dengan produk yang kamu tawarkan. Percuma kan kalo kamu menjual produk keren tapi ketika website yang dikunjungi customer kamu berantakan, malu dong! Gimana mereka mau percaya bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk memberikan solusi terhadap permasalahan mereka? Buatlah desain yang sederhana namun menarik untuk website kamu!

Source Code dan Image yang Optimal, Perkecil Loading Time Website kamu!

Dari sisi teknis, source code yang baik seperti javascript yang optimal, query DB yang optimal, sistem caching dan ukuran image yang tidak terlalu besar sangat membantu membangun user experience yang baik terutama dari sisi customer. Percuma kalo website kamu keren setengah mati tapi untuk mengeluarkan seluruh konten dan informasinya butuh waktu lebih dari 5 menit, bukannya untung malah buntung karna pengunjung website kamu pasti bakalan bete lalu kabur deh ke tetangga sebelah alias competitor yang websitenya jauh lebih cepet speed dan performancenya.

Pilih Tempat Hosting yang Tepat

Apabila kamu menganggap website kamu penting maka pilihlah tempat hosting yang benar! Nah kuncinya adalah pilih provider hosting yang sesuai dengan target pasar kamu, sebagai contoh apabila target pasar kamu orang-orang Indonesia ya pilih tempat hosting di Indonesia jangan gaya-gayaan hosting diluar negeri biar dibilang keren. Ini bukan sembarangan saran, sebab ini berkaitan dengan kapasitas bandwidth yang dimiliki tiap-tiap provider. Kalo kamu hosting di luar negri otomatis kamu akan menggunakan bandwidth internasional yang biasanya lebih kecil ketimbang bandwidth lokal, sekedar informasi buat kamu nih bahwa beberapa provider hosting di Indonesia ada yang ngasih bandwidth lokal sampe unlimited loh. Ngaruh gak? Ngaruh banged lah sebab orang-orang dari Indonesia khususnya bakal lebih cepet speed dan loading timenya buat akses website kamu. Percuma kan kalo hosting diluar negeri tapi pas diakses websitenya lemot ya gak sih? Udah pasti customer kamu ngacir deh tuh. 

Gunakan Jasa Online Advertising

Sebenernya ini cara gampang kalo kamu punya budget yang cukup, tapi sebelum kamu menggunakan jasa advertising online pastikan bahwa konten dan informasi yang kamu share di website kamu adalah informasi yang berguna dan sesuai dengan apa yang kamu jual. Selain itu sebaiknya kamu menggunakan bahasa yang sederhana dan tepat sasaran jangan gunakan bahasa teknis karna belum tentu kan semua orang mengerti apa yang kamu katakan.

Bagikan
Cari Artikel
Top 5 Kategori
Artikel Terfavorit