Apa Itu SDWAN dan Manfaat SDWAN

115 | 22 January 2021 23:41 | Network | Ditulis oleh Arif Zulfikar Pelian

Software Defined WAN atau lebih dikenal dengan SDWAN adalah salah satu penerapan teknologi SDN untuk mengkontrol WAN dan sangat berguna apabila kamu memiliki ratusan hingga ribuan cabang. Sebenarnya penerapan teknologi SDN sudah lama diterapkan salah satunya pada implementasi WLAN dimana WLC mengkontrol banyak AP. Secara teknis SDWAN memiliki perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan tradisional WAN, ketika kamu menjalankan konsep tradisional WAN kamu perlu melakukan remote ke masing-masing perangkat WAN di cabang ketika melakukan instalasi, perubahan konfigurasi, upgrade dan lain sebagainya. Sedangkan dengan menggunakan SDWAN maka semuanya akan dilakukan dari single atau centralized dashboard dan amat sangat membantu bagi sebuah organisasi yang memiliki ratusan hingga ribuan outlet.


Lalu apa saja manfaat menggunakan SDWAN ketimbang menggunakan Tradisional WAN?


Meningkatkan Performance

Salah satu manfaat menggunakan SDWAN adalah meningkatnya performance link yang amat signifikan, hampir seluruh platform SDWAN menyediakan fitur traffic engineering yang mampu melakukan hal ini contohnya seperti application pinning, application aware routing, dan lain sebagainya. Proses failover ketika salah satu link WAN mati juga amat cepat rata-rata 1-3 detik RTO lebih cepat daripada teknologi tradisional.


Operasional Lebih Mudah dan Cepat

Centralized dashboard membantu tim operasional untuk melakukan konfigurasi dan monitoring yang lebih mudah dan dapat kamu bayangkan betapa terbantunya tim operasional yang menghandel banyak outlet atau cabang dengan metode ini, aktivitas perubahan konfigurasi, upgrade, dan monitoring semuanya dilakukan dari single dashboard saja. Selain itu hampir semua platform SDWAN juga menyediakan teknologi zero-touch-provisioning yang memungkinkan kamu hanya membawa router saja ke cabang/outlet ketika proses instalasi awal dan konfigurasi akan otomatis terinstall di router tersebut, hal ini sangat membantu time-to-market apabila kamu diharuskan dengan cepat melakukan perubahan dan ekspansi bisnis.


Lebih Menghemat Biaya Operasional

Salah satu manfaat SDWAN adalah menekan biaya operasional, hampir sebagian besar use-case dan success story SDWAN adalah beban operasional untuk membayar link ke provider yang sangat besar sebelum menggunakan SDWAN, rata-rata mereka menggunakan 2 link private (MPLS/Metro-E) sebagai link kearah HO. Salah satu rahasia SDWAN adalah teknik traffic engineering yang sangat mudah sehingga dapat meutilisasi link internet yang lebih murah sebagai link WAN dengan mudah dan aman. Hal ini berdampak besar tidak hanya terhadap biaya operasional melainkan juga performance link itu sendiri dimana biasanya link internet memiliki kapasistas yang lebih besar ketimbang private link (MPLS/Metro-E).

Bagikan
Cari Artikel
Top 5 Kategori
Artikel Terfavorit