Cara Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja

Cara Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja



Bingung saat harus negosiasi gaji? Tahap negosiasi gaji biasanya dilakukan saat interview kerja atau perpanjangan kontrak. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara negosiasi gaji saat interview kerja. Para freshgraduate biasanya akan kebingungan ketika membahas masalah gaji. Di satu sisi menginginkan gaji yang ideal tapi karena belum memiliki banyak pengalaman menyebabkan gaji yang diberikan tidak sesuai harapan mereka. Untuk itu agar kamu bisa mendapatkan gaji yang sesuai dengan kompetensi maka kamu bisa negosiasi gaji. Yuk, langsung saja kita bahas.


1. Riset kisaran gaji

Sebelum interview, sebaiknya lakukan persiapan yang matang. Salah satunya dengan melakukan riset tentang berapa rentang gaji untuk pekerjaan yang kamu lamar. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, maka kamu bisa menjelaskan mengapa kamu mengajukan gaji di kisaran tertentu. 


2. Sesuaikan dengan kondisi diri anda

Jangan lupa untuk melihat kemampuan, pengalaman, dan prestasi yang kamu miliki. Apakah rentang gaji tersebut sudah sesuai atau belum. Jika sebelumnya kamu memiliki pengalaman kerja, maka akan semakin besar kesempatanmu untuk dapat negosiasi gaji yang lebih tinggi. Selain itu, bila kamu memiliki sertifikasi atau skills yang yang dapat mengoptimalkan kemajuan perusahaan pada posisimu juga akan memperbesar gajimu.


3. Pikirkan dulu tawarannya

Setelah diberikan offering letter, jika perusahaan memberikan tawaran yang belum cocok denganmu, sebaiknya jangan langsung diiyakan. Tapi minta waktu untuk memikirkannya. Manfaatkan waktu tersebut untuk bertanya ke keluarga dan teman-teman yang memiliki pengalaman terkait dunia kerja, khususnya masalah negosiasi gaji.


4. Bersikap tenang

Dalam bernegosiasi kamu juga perlu untuk bersikap tenang dan ramah. Tetap jaga attitude dan sampaikan dengan jelas keinginanmu. Jangan  menjawab pertanyaan dengan terlalu mengebu-gebu. Tetap rileks dan berikan jawaban yang professional. 


5. Tanyakan benefit lainnya

Selain, gaji karyawan biasanya akan diberikan benefitnya lain sesuai value dari perusahaan. Kamu bisa tanya mengenai benefit lain yang didapat. Juga bisa mengajukan benefit yang bisa meningkatkan kinerjamu, misal peralatan kantor, tunjangan pengembangan diri, uang lembur, cuti, ataupun asuransi.


Itu dia pembahasan mengenai bagaimana cara negosiasi gaji saat interview kerja. Semoga artikel ini dapat membantumu. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya!


  • Share: