Mau berkarier sebagai Cloud Engineer? Yuk cari tahu Roadmapnya!

Mau berkarier sebagai Cloud Engineer? Yuk cari tahu Roadmapnya!

Dalam bidang IT ada banyak sekali spesialisasinya, misalnya seperti: programmer, developer, security, big data, data scientist, data analyst, hingga cloud engineer. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat membuat kebutuhan sumber daya manusia di industri ini semakin dibutuhkan, terutama penggunaan teknologi cloud semakin masif digunakan untuk kepentingan bisnis. Artikel ini akan membahas Cloud Engineer mulai dari mengapa kamu harus berkarier di profesi ini hingga apa saha skills yang dibutuhkan. Yuk, kita bahas satu per satu!

Mengapa memilih karier sebagai Cloud Engineer?

Tren penggunaan cloud computing untuk infrastruktur IT terus meningkat. Pada tahun 2021, di Eropa penggunaan teknologi cloud meningkat menjadi 42%, sebelumnya berkisar 36%. Ini menunjukkan kalau cloud punya peranan yang sangat besar, biasanya cloud digunakan untuk hosting email perusahaan dan tempat penyimpanan data yang berukuran besar.

Dengan besarnya penggunaan cloud ini membuat kebutuhan talenta cloud engineer sangat dibutuhkan. Karena tidak hanya membangun infrastruktur IT yang baik, tetapi teknologi cloud juga perlu dimaintenance dan dipastikan keamanannya. Dapat dikatakan karier memilih profesi sebagai Cloud Engineer ini cukup menjanjikan dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan.


Apa itu Cloud Engineer?

Cloud Engineer adalah seorang professional yang memiliki tanggung jawab untuk merancang infrastruktur teknologi dan melakukan migrasi fungsi dan proses menuju infrastruktur cloud. Teknologi yang digunakan, yaitu cloud computing adalah suatu metode penyimpanan komputasi awan dengan transfer data melalui internet. Berbeda dengan penyimpanan yang biasanya dilakukan di local komputer seperti hard disk.

Selain merancang infrastruktur IT, seorang Cloud Engineer juga bertugas untuk memelihara dan mengevaluasi sistem yang ada. Hal yang tidak kalah penting juga adalah mengoptimalkan penggunaan infrastruktur agar dapat berjalan lebih hemat biaya, mudah, cepat, dan aman.

 

Jenis-jenis pilihan karier Cloud Engineer

Untuk kamu yang ingin berkarier sebagai Cloud Engineer, ada beberapa bidang yang dapat kamu tekuni lebih dalam, yaitu:

1. Cloud Architect

Posisi ini secara garis besar mengurus hal-hal yang berhubungan dengan perencanaan dan manajemen komponen yang ada dalam cloud, misalanya hardware, software, atau aplikasi. Biasanya perusahaan yang ingin mengembangkan layanannya akan membutuhkan seorang architect untuk memutuskan layanan apa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.


 2. Cloud Development

Berbeda dengan cloud architect yang fokusnya adalah merancang dan membangun, di posisi ini tugasnya adalah menggabungkan pengembangan skills yang sifatnya tradisional dengan pengetahuan tentang cloud secara lebih spesifik., seperti membangun, deploying, dan optimasi. Cloud developer juga membutuhkan beberapa skills seperti jaringan computer, pengembangan aplikasi, UI dan UX.


 3. Cloud Support

 Jika dibandingkan dengan dua posisi sebelumnya, cloud support memiliki ranah pekerjaan yang lebih variatif.  Mereka mereka langsung kepada klien untuk membantu permasalahan dan memelihara komponen-komponen yang ada di dalam cloud. Tugasnya semisal memastikan layanan hosting berjalan lancer dan dapat troubleshoot persoalan customer.

 

Skills yang dibutuhkan untuk menjadi Cloud Engineer

Untuk menjadi cloud engineer yang handal, kamu perlu memahami skills di bawah ini

1. Memahami bahasa pemrograman, seperti Java, Ruby, Python, hingga JavaScript

2. Menguasai sistem vendor cloud, seperti amazon web services, microsoft azure, dan google cloud

3. Mengetahui konsep-konsep dasar cloud

4. Dapat mengoperasikan operating system Linux

5. Memahami informasi dan keamanan data

 

Itu dia pembahasan mengenai profesi cloud engineer. Semoga artikel ini membuatmu semakin tertarik untuk mempelajarinya. Bagi kamu yang sedang mencari lowongan kerja cloud engineer bisa temukan di sini