Pekerjaan untuk Lulusan IT yang tidak membutuhkan skill coding

Pekerjaan untuk Lulusan IT yang tidak membutuhkan skill coding

Kebutuhan industri IT saat ini sangat tinggi sehingga banyak memerlukan sumber daya yang memiliki pengetahuan terkait teknologi dan mengikuti tren perkembangan yang serba cepat. Apalagi sekarang,banyak bermunculan start up di industri teknologi. Biasanya posisi-posisi di industri ini diisi oleh lulusan IT, tetapi ada juga beberapa pekerjaan yang bisa dicoba oleh lulusan IT maupun non IT sekalipun karena tidak memerlukan skill coding, apa sajakah itu? Yuk mari kita simak


1. UI/UX Design 

Untuk kamu yang tertarik dengan desain tetapi masih ingin yang berhubungan erat dengan aplikasi maupun website UI/UX Design bisa menjadi pilihan yang cocok untukmu. Meskipun UI/UX itu saling terkait tapi itu adalah dua hal yang berbeda. 

UI (User Interface) designer tanggungjawabnya adalah untuk membuat tampilan dari website ataupun aplikasi menjadi lebih menarik. Mulai dari button, halaman, hingga interaksi antar halaman website. 

Sedangkan UX Designer tugasnya adalah untuk memberikan kepuasan pada pengunjung agar mereka nyaman dan mendapatkan pengalaman terbaik saat menggunakan website.


2. Technical Writer

Posisi ini cocok untuk kamu yang gemar menulis. Namun, berbeda dengan dunia penulisan lainnya, di sini kamu akan menulis hal-hal yang lebih teknis yang berkaitan dengan suatu produk, intruksi, hingga FAQ atau Frequently Asked Question.


Selain itu, technical writer juga bertugas untuk membuat dokumentasi dan membuat buku panduan. Jika kamu adalah orang yang detail-oriented dan berpikir kritis, ini adalah pekerjaan yang tepat untukmu.


3. SEO specialist

Saat ini banyak bisnis yang berlomba-lomba untuk melakukan digitalisasi dan memasarkan produk/jasanya secara online. Ini membuat profesi SEO specialist semakin dibutuhkan. Seorang SEO specialist memiliki tugas untuk mengoptimalkan website perusahaan agar menjadi nomor satu di page google. Dengan adanya SEO specialist, pencarian mengenai produk/jasa yang ditawarkan akan lebih meningkat penjualannya.


Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang selalu up-to-date dan gemar menuliskan artikel. Skills lainnya yang perlu kamu perlukan seperti teknis-teknis mengenai google analytic, pembuatan keyword, dll.


4.  Business Analyst

Pekerjaan satu ini sekarang sedang menjadi trend di dunia kerja. Seorang Business Analyst bertugas untuk melakukan pengkajian yang benar dan akurat terkait rencana strategis, model bisnis, dinamika, masalah, hingga potensi kedepannya. Pekerjaan ini juga cocok untuk para lulusan IT karena pada beberapa hal akan berhadapan dengan cara kerja, sistem, dan produk IT tertentu.


Skills yang wajib dimiliki apabila kamu ingin berkarier di bidang ini, yaitu komunikasi, problem solving, juga  dapat memahami konsumen dan pasar.


5. Project Manager

Seorang project manager bertanggungjawab untuk memimpin proyek dari awal sampai akhir. Mereka mengatur tentang berapa anggaran yang dbutuhkan dan kapan waktu proyek itu dilaksanakan.  


Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengawasi tim dan menentukan ruang lingkup serta hasil dari suatu proyek. Untuk kamu yang ingin menjadi project manager beberapa skills yang dibutuhkan seperti: komunikasi, problem solving, perencanaan keuangan yang matang, dan kepemimpinan


Itu dia pembahasan mengenai pekerjaan untuk lulusan IT yang tidak membutuhkan skills coding. Dari pekerjaan yang disebutkan di atas mana yang kamu tertarik untuk jadikan sebagai pilihan karier? Kamu juga bisa kunjungi lowongan kerja finditgeek untuk menemukan banyak pilihan karier lainnya yang kamu minati. 


Terima kasih sudah membaca artikel ini! Semoga kamu mendapatkan pekerjaan impianmu

  • Share: