Belajar Flutter Untuk Pemula

Belajar Flutter Untuk Pemula

  • 20 May 2022
  • Programming
  • Ditulis oleh Muhamad Dawamul Mughni
  • 429 Views

Membuat aplikasi dengan menarik saat ini sangat diperhitungkan terumata aplikasi tersebut mampu melakukan multi cross platfrom, lalu apakah itu Cross-Platform. Cross-Platform adalah cara pengembangan aplikasi menggunakan satu basis kode untuk diimplementasikan pada lebih dari satu platform

Apa itu Flutter ? Flutter adalah SDK (Software Development Kit) yang dikembangkan oleh Google untuk membuat aplikasi yang bagus dan bisa berjalan pada berbagai platform. Flutter 2 yang merupakan versi terbaru memberikan dukungan pada Anda untuk membangun aplikasi pada sistem operasi Android, iOS, Web, Windows, Linux, dan MacOS. Dengan ini, Anda cukup sekali coding atau dikenal dengan single codebase. Flutter juga sudah digunakan oleh banyak developer maupun organisasi di seluruh dunia, selain itu Flutter bersifat open source.

Anda dapat mulai melakukan instalasi Flutter SDK. Cara untuk mendapatkan Flutter SDK sebagai berikut:

  • Unduh paket instalasi untuk mendapatkan versi stabil terbaru dari Flutter SDK di alamat web https://flutter.dev/docs/development/tools/sdk/releases. Ambil versi terbaru pada stable channel sesuai sistem operasi yang digunakan.
  • Ekstrak berkas zip dan tempatkan folder flutter pada lokasi instalasi yang diinginkan untuk Flutter       SDK. Misalnya C:\Development, jangan pasang Flutter di direktori seperti C:\Program Files atau yang membutuhkan hak istimewa seperti administrator.
  • Temukan berkas flutter_console.bat di dalam direktori flutter tersebut. Mulai dengan klik dua kali atau jalankan script tersebut dan Anda sekarang siap untuk menjalankan perintah Flutter di Flutter Console.