Cyber Security 101: Kiat-Kiat Membuat Password Yang Aman Dan Sulit Diretas

Cyber Security 101: Kiat-Kiat Membuat Password Yang Aman Dan Sulit Diretas

  • 20 May 2022
  • Security
  • Ditulis oleh Alviando Cendrasa
  • 164 Views

Cyber Security 101: Kiat-Kiat Membuat Password Yang Aman Dan Sulit Diretas


Password atau kata sandi, tidak hanya kita gunakan untuk social media saja. Dalam bekerja, kita juga memiliki password untuk menjaga kemananan akun dan email perusahaan.


Sayangnya, berdasarkan survery yang dilakukan oleh NordPass, sebuah perusahaan yang menyajikan layanan password manager, bahkan pegawai-pegawai dari perusahaan yang masuk ke dalam daftar Fortune 500 masih menggunakan password yang mudah untuk diretas.


Jika amu menggunakan password yang lemah, apalagi satu password untuk semua akun, kamu membahayakan keamanan data milikmu dan milik perusahaanmu. Karena itu, penting bagi kita untuk dapat membuat password yang baik sehingga lebih sulit untuk diretas oleh hacker dan keamanan data kita terjamin.


Berikut adalah 5 tips dalam membuat password yang aman dan sulit diretas oleh hacker:


1. Jangan Terlalu Sederhana


Dilansir dari cybernews.com, berikut ini adalah 10 password yang paling sering digunakan di dunia; yang pastinya sangat lemah dan mudah diretas:


1. 123456

2. 123456789

3. qwerty

4. password

5. 12345

6. qwerty123

7. 1q2w3e

8. 12345678

9. 111111

10. 1234567890


Jelas, bahwa menggunakan 10 password ini merupakan keputusan yang buruk dan dapat membahayakan data pribadimu.


2. Gunakan Minimum 12 Karekter


Ada alasan kenapa banyak website memberikan minimum password sebanyak 8 karakter. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hive System, password yang memiliki 8 karakter merupakan password yang mulai sulit untuk diretas.


Lalu, mengapa harus 12 karakter? Karena dari penelitian yang sama, password dengan 8 karakter dan menggunakan huruf besar dan kecil membutuhkan waktu sekitar 2 menit untuk di hack, sedangkan password dengan 12 karakter dengan tingkat kompleksitas yang sama membutuhkan waktu 24 tahun untuk diretas.




3. Gunakan Password yang berbeda


Ada banyak orang yang menggunakan satu jenis password untuk semua akun yang dimiliki. Alasannya adalah agar lebih mudah diingat.


Sayangnya hal tersebut memilki risiko yang sangat tinggi, apalagi jika akun bank mu sampai diretas juga karena memiliki password yang serupa atau sama.


Gunakanlah password yang berbeda untuk setiap akun yang berbeda. Jika kamu kesulitan dalam mengingatnya, kamu dapat menggunakan password manager seperti NordPass, LastPass, ataupun 1Password.


4. Gunakan PassPhrase


Dalam membuat password yang kuat, sangat disarankan bagi kita untuk membuat password yang memiliki total 18 karakter. Tapi, hal tersebut tidaklah mudah, karena tidak banyak kata-kata yang sampai memiliki 18 karakter. Karena itu kamu bisa menggunakan passphrase atau kalimat sandi alih-alih menggunakan password atau kata sandi.

Misalnya kamu bisa membuat kalimat sandi seperti “L1buranTerakhirSayaKeBal1”.


5. Jangan Menggunakan Nama Ataupun Tanggal Ulang Tahun


Sepertinya saran ini cukup jelas, karena biasanya hal yang paling pertama akan dicoba oleh para hacker untuk meretas akun mu adalah nama dan ulang tahunmu. Karena itulah kata-kata dan angka yang paling mudah diingat.


Dalam dunia yang serba digital ini, password sudah menjadi hal yang sangat umum untuk dimiliki. Password terkadang memang merepotkan untuk dibuat dan diingat, tapi ia merupakan kunci yang sangat penting dalam melindungi keamanan data yang bersifat rahasia dan juga penting.


Jadi, apakah selama ini kata sandimu mudah diretas? Jangan lupa untuk langsung merubahnya ya setelah ini.