Perbedaan Aneh Antara Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia Dan Dunia

Perbedaan Aneh Antara Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia Dan Dunia

Siapa bilang dengan bekerja kamu tidak bisa menjadi sultan? Nyatanya ada beberapa pekerjaan yang justru memberikan bayaran yang jauh lebih besar daripada kalau kamu menjadi seorang pengusaha.

Tapi ternyata, pekerjaan-pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia sangat berbeda dengan pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia. Apa sajakah pekerjaan itu? Dan apa bedanya antara Indonesia dengan dunia?




Indonesia 

Di Indonesia, kebanyakan crazy rich berasal dari pengusaha atau selebriti, online maupun konvensional. Tapi ternyata ada pekerjaan-pekerjaan yang memiliki gaji yang fantastis setiap bulannya yang memungkinkan mereka untuk masuk ke dalam jajaran crazy rich loh. Berikut adalah daftarnya.


1. C-Suite

Berdasarkan data terbaru di 2021, gaji C-level di Indonesia berkisar antara 130juta – 250 juta bahkan lebih. Belum lagi ditambah dengan bonus tahunan yang membuat gaji dari posisi ini semakin fantastis.


2. Head of Finance

Kepala keuangan memegang peranan yang sangat penting dalam perusahaan. Mau seberapa baik performa dari sebuah perusahaan, jika keuangannya tidak dikelola dengan baik, maka perusahaan dapat menuju kebangkrutan. Tanggung jawab yang sangat besar inilah yang menyebabkan posisi Head of Finance di Indonesia memiliki gaji yang cukup fantastis.


3. Country Sales Manager

Perusahaan apapun pasti memiliki hal yang mereka jual, entah itu jasa maupun barang. Jika keuangan merupakan fondasi, maka penjualan adalah ujung tombak dari perusahaan yang akan mengarahkan dan menuntun perkembangan dari sebuah perusahaan. Tidak heran jika seorang Country Sales Manager memiliki gaji yang cukup tinggi.


4. Marketing Director

Pemasaran merupakan salah satu bagian terpenting dari perusahaan. Selain menempatkan perusahaan di mata calon konsumen, pemasaran juga dapat membentuk gambaran tertentu yang mereka ingin tanamkan di mata calon konsumen mereka dan nantinya hal inilah yang akan berujung kepada penjualan. Inilah yang membuat seorang Marketing Director memiliki peran yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan dan membuatnya memilki gaji yang sangat tinggi.


5. Head of Risk

Dalam bidang apapun, pasti terdapat risiko. Ada yang pasti dan ada yang masih menjadi potensi dan beberapa risiko merupakan risiko yang sangat besar dan dapat menyebabkan perushaan pailit. Karena itulah peran Head of Risk sangat penting dalam mengkalkukasi dan menentikan level risiko dari sebuah rencana yang akan dijalankan oleh perusahaannya. 


Itulah 5 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia.


Dunia


Anehnya, tidak ada satupun dari pekerjaan di atas yang masuk ke dalam daftar 5 pekerjaan dengan rata-rata gaji tertinggi di dunia. Daftar tersebut adalah sebagai berikut: 


1. Ahli Bedah Syaraf

2. Ahli Anastesi

3. Ahli Bedah

4.  Ahli Bedah Mulut

5. Ginekolog

6. Ortodontis

7. Psikiater

8. Dokter

9. CEO




C-level yang menempati pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia hanya masuk ke dalam peringkat ke 9 dunia, sedangkan 8 peringkat pertama lainnya semua ditempati oleh para pekerja di bidang kesehatan, terutama ahli bedah. Perbedaan yang cukup signifikan bukan?


Memang betul, ahli bedah merupakan pekerjaan yang sangat krusial dan membutuhkan keahlian serta jam terbang yang sangat tinggi. Sebetulnya tidak heran bahwa seorang ahli bedah akan memilki gaji yang sangat tinggi.


Bagaimana menurutmu? Kok bisa perbedaan yang sangat signifikan ini terjadi ?