Cara Membangun Personal Branding yang Efektif di Linkedin

Cara Membangun Personal Branding yang Efektif di Linkedin

Tentu kamu tidak asing lagi dengan istilah personal branding. Saat ini personal branding menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibicarakan. Personal branding dinilai mempunyai banyak sekali manfaat. Hal ini membuat banyak orang berusaha membangun personal branding. Sebenarnya, apa itu personal branding?


Apa itu personal branding?

Personal branding adalah strategi untuk membentuk persepsi orang-orang terkait bagaimana nilai-nilai, kepercayaan, tujuan yang kamu miliki. Hal yang kamu tampilkan ini akan menjadi kualitas diri yang akan diingat jika mendengar atau melihat namamu. Jadi, akan lebih mudah bagi kamu untuk mempromosikan dirimu. Dalam dunia kerja juga bila kamu memiliki personal branding yang kuat maka akan banyak sekali peluang tawaran pekerjaan, kerjasama, relasi yang akan menghampiri.

Saat ini semuanya serba digital, sebelum menemui seseorang apalagi sekarang masih berlangsung pandemi covid-19 maka kehadiran secara digital sangatlah penting. Untuk itu kamu bisa membranding dirimu di sosial media, salah satunya Linkedin. Lalu, bagaimana cara membangun personal branding yang efektif?  Berikut ini 5 cara yang bisa kamu praktikkan untuk membangun personal branding yang baik:


1.Gunakan Foto Profil yang Profesional

Perlu diingat kalau setiap sosial media mempunyai karakteristik dan audiens yang berbeda-beda. Linkedin adalah jejaring sosial media yang digunakan untuk kalangan professional dan dunia kerja. Maka, gunakan foto dengan gaya yang formal dan menghadap lurus ke kamera. Jangan gunakan foto dengan muka yang tertutup di kamera apalagi foto selfie.


2. Lengkapi Informasi Profil Diri

Ini adalah bagian yang tidak kalah penting. Tujuan utama dari personal branding adalah mempromosikan siapa dirimu dan skills apa yang kamu punya. Tuliskan hal apa saja  pernah kamu capai, bisa berupa pengalaman organisasi, memenangi lomba, prestasi akademik, ataupun kegiatan volunteer.  Kamu juga menuliskan interest dan skills apa saja yang kamu miliki secara detail agar para recruiter tertarik dengan profilmu. 


3. Gunakan Header yang Kreatif

Masih di halaman profil, hal lainnya yang bisa kamu optimasi adalah bagian header atau cover yang ada letaknya ada di belakang foto profil. Optimalkan tampilan profil dengan menggunakan header yang sesuai dengan industri atau pekerjaan yang kamu minati.  Namun, perlu diingat tujuan penggunaannya adalah agar mereka ingat siapa dirimu jadi buatlah secara kreatif dan sesuai dengan branding dirimu. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan tagline yang berkaitan dengan karier yang kamu minati


4. Berkoneksi dengan Para Profesional lainnya

Layaknya sosial media lainnya, kamu perlu berjejaring untuk meningkatkan relasi dan menambah wawasanmu soal bidang yang kamu tekuni. Kamu dapat memfollow atau berkoneksi dengan para professional yang sesuai bidangnya. Hal ini agar kamu bisa lebih tahu bagaimana dunia pekerjaan tersebut dan mendapatkan banyak insight menarik.


5. Aktif dalam Berinteraksi

Selain berjejaring, dalam sosial media kamu juga bisa terhubung dan berinteraksi dengan banyak orang. Seringkali kebanyakan orang hanya terhubung tapi tidak saling berinteraksi satu sama lainnya. Padahal interaksi adalah bagian yang penting dalam sosial media. Jika kamu ingin profilmu dilihat oleh banyak orang, terutama recruiter dan user maka kamu harus aktif dalam menggunakan linkedin. Tidak hanya sekadar like postingan, tetapi kamu juga perlu terlibat dalam berdiskusi dalam suatu perbincangan. 


Itulah cara membangun personal branding yang dapat kamu lakukan di Linkedin. Jangan lupa untuk dipraktikkan dan semoga mendapatkan pekerjaan impianmu!