5 Rekomendasi Kerja Sampingan (Side Hustle) Berpotensi Tinggi Yang Dapat Kamu Lakukan Dari Rumah

5 Rekomendasi Kerja Sampingan (Side Hustle) Berpotensi Tinggi Yang Dapat Kamu Lakukan Dari Rumah

  • 18 May 2022
  • Programming
  • Ditulis oleh Alviando Cendrasa
  • 222 Views

5 Rekomendasi Kerja Sampingan (Side Hustle) Berpotensi Tinggi Yang Dapat Kamu Lakukan Dari Rumah


Di zaman yang serba mahal ini, akibat tingkat inflasi yang tinggi dan kenaikan gaji yang tidak sepadan, terkadang mengandalkan penghasilan dari satu pekerjaan untuk hidup menjadi semakin sulit.

Sedangkan, untuk memulai bisnis sendiri tidaklah mudah. Selain dibutuhkan modal yang besar, memulai bisnis juga memiliki risiko yang tinggi dan membutuhkan waktu yang terkadang tidak dimiliki oleh para pekerja.

Karena itu opsi untuk memiliki kerja sampingan atau side hustle semakin banyak digandrungi oleh para pekerja, terutama millennials. Selain untuk menambah penghasilan, beberapa jenis kerja sampingan juga dipilih karena memiliki potensi untuk bertumbuh yang besar bahkan sampai melebihi penghasilan dari pekerjaan utamanya.


Berikut adalah 5 rekomendasi pekerjaan sampingan yang dapat kamu kerjakan dari rumah.


Freelancer


Freelancer atau pekerja lepas merupakan orang yang melakukan pekerjaan berdasarkan permintaan yang didapat. Ada berbagai macam freelancer yang pada umumnya bekerja di bidang kreatif, antara lain adalah: 


- Graphic designer

- Photographer

- Writer

- Video Editor

- Dan masih banyak lagi


Selain dapat dikerjakan di rumah, freelancer juga opsi yang sangat menarik karena memiliki potensi berkembang yang sangat besar dan kamu memiliki kebebasan untuk mengatur waktu kerjamu




Youtuber


Sudah tidak asing dan diragukan lagi, youtuber merupakan salah satu profesi yang memiliki kenaikan peminat dan penghasilan yang signifikan selama pandemi ini. 

Jika kamu merasa memiliki ide yang menarik dan kamu suka membuat video, youtuber bisa menjadi opsi yang sangat menarik. 




Blogger


Suka menulis dan bercerita? Kamu bisa memilih opsi ini. Tidak sedikit orang yang sudah menuai kesuksesannya mulai dari menjadi seorang blogger. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Raditya Dika.

Dengan menjadi blogger, selain kamu dapat menuangkan keresahan dan kreativitasmu, kamu berpotensi mendapatkan penghasilan dari iklan, Kerjasama dengan brand, atau mungkin hasil tulisanmu bisa diterbitkan menjadi sebuah buku.




Berjualan di E-Commerce


Hadirnya e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain sudah membuka jalan yang sangat banyak bagi pengusaha-pengusaha baru di Indonesia. 

Jika kamu tidak memiliki modal yang besar, kamu dapat memulainya dengan menjual barang-barang yang tadinya dijual secara offline dengan harga lebih tinggi. Selisih harga jual itulah yang akan menjadi keuntunganmu. 

Selain itu, jika kamu memiliki keahlian khusus untuk membuat kerajinan tangan, kamu juga dapat menjualnya sendiri di toko onlinemu.




Membuka Jastip (Jasa Titip)


Sering berpergian pulang pergi ke luar kota atau ke luar negeri? Membuka jastip merupakan salah satu opsi yang sangat bagus untuk kamu pilih.

Kamu hanya perlu memberitahu calon pembelimu melalui media sosial bahwa kamu sedang berpergian ke suatu tempat, dan mereka dapat menitip kepadamu untuk membeli suatu barang.

Kamu dapat mengambil keuntungan dengan 2 cara. Satu, dengan menaikkan harga dari barang yang mereka titip, atau dua, dengan memberikan “ongkos” yang tetap untuk setiap barang yang dititip.


Opsi-opsi kerja sampingan di atas tidaklah sulit untuk dilakukan, tanpa modal besar, dan dapat kamu lakukan dari mana saja. Sekarang tinggal kemauan dan usahamu saja, apakah kamu mau tetap terus mendapatkan gaji pas-pasan atau mau mencoba memiliki side hustle yang mungkin nantinya dapat menghasilkan lebih dari pekerjaan utamamu.

Pilihan ada di tanganmu.