5 Produk Web Application Firewall Terbaik di Dunia

5 Produk Web Application Firewall Terbaik di Dunia

  • 23 January 2021
  • Security
  • Ditulis oleh Arif Zulfikar Pelian
  • 1.4K Views

Web application firewall merupakan komponen penting untuk memproteksi website dari serangan hacker. Dibawah ini merupakan produk WAF paling populer di dunia.

 

F5 Advanced WAF

Produk F5 bisa dibilang merupakan salah satu produk web application firewall terbaik saat ini, tersedia juga pilihan cloud ataupun on-premises. Layanan cloud WAF nya saat ini dibungkus kedalam produk silverline sedangkan produk on-premise nya dibungkus kedalam produk ASM dan juga Advanced WAF. Salah satu kelebihan menggunakan F5 terutama dalam mode on-premise kamu dapat menggunakannya secara bersamaan untuk fitur-fitur lainnya seperti load balancer dan juga dns sehingga mendapatkan keuntungan bukan hanya security namun juga performance. 

 

Fitur-fitur F5 WAF antara lain:

       Advanced application protection

       Proactive BOT defense

       Behavioral DoS (Denial of Services)

       Defenses for the OWASP Top 10

       Stolen Credential Protection

       API Protection

Imperva

Imperva bisa menjadi alternatif pilihan kamu juga selain F5 dalam memilih web application firewall, produk ini sangat powerful dan merupakan salah pesaing F5 dalam produk WAF. Imperva juga menyediakan pilihan on-premise ataupun juga cloud waf sehingga sangat flexibel ketika deployment. Sama seperti pesaingnya F5, banyak instansi besar seperti bank dan pemerintahan serta provider yang sudah menggunakan produk ini.

 

Fitur-fitur Imperva antara lain:

       Secure cloud and on-prem apps

       Stop OWASP Top 10 and Automated Top 20

       Attack detection

       SIEM integration

       Extensive reporting

Fortiweb
Fortiweb bisa menjadi alternatif pilihan produk web application firewall kamu terutama apabila mewajibkan pilihan on-premise tapi ada kendala budget. Secara harga fortiweb jauh dibawah imperva dan juga F5 tapi memiliki banyak fitur yang komprehensif, selain itu kelebihan lainnya fortiweb merupakan salah satu produk fortinet yang memang fokus terhadap security. Konsep security fabric yang dikembangkan fortinet kemungkinan besar bisa menjadi solusi yang komprehensif untuk mendukung dan melindungi data center kamu dari serangan hacker.

 

Fitur-fitur Fortiweb antara lain:

       Detailed analysis attack sources dan visual reporting tools

       False Positive Mitigation Tools

       Correlated threat detection dengan Al-based behavioral scanning

       Fortinet Security Fabric integration

       Visual analytics tools untuk advanced threat insights

Cloudflare

Cloudflare web application firewall service mengkombinasikan reverse proxy dengan content delivery network. Layanan cloudflare berbasis cloud ini mampu memblokir berbagai macam ancaman cyber seperti sql injection dan DDoS attacks. Produk ini sangat cocok untuk penggunaan pribadi seperti melindungi website/blog pribadi/company profile dan juga kelas menengah dengan anggaran yang terbatas. 

 

Fitur-fitur Cloudflare antara lain:

       Logging and Reporting

       Issue Tracking

       Security Monitoring

       Reporting and Analytics

       Application-Layer Controls

Akamai WAF

Sama seperti cloudflare layanan ini bisa menjadi alternatif kamu dalam kombinasi penggunaan CDN dan juga web application firewall. Perbedaan paling mencolok mungkin di harga karna hampir disebagian besar kasus Akamai WAF jarang digunakan untuk penggunaan pribadi, lebih sering untuk penggunaan atau proteksi enterprises.

Fitur-fitur Akamai WAF antara lain:

       Customizable dan Automated Protection.

       Advanced API Security

       Zero-Second DDoS Mitigation SLA

       Granular Attack Visibility dan Reporting

       Managed Security Services

Selain produk berbayar diatas sebenernya masih ada lagi produk WAF berbasis open-source seperti kombinasi penggunaan mod_security dengan waffle, webknight dan shadow daemon. Namun penggunaannya sangat kompleks dan juga tidak ada supportnya, sehingga sangat sulit penerapannya dilapangan apalagi biasanya sebagian besar WAF digunakan untuk melindungi website yang merupakan mesin uang perusahaan terutama yang berbasis transaksional.